bisnis online, jual beli online, sistem pembayaran, pembayaran online, bisnis online

Selasa, Januari 03, 2012

Khasiat Daun Binahong Bagi Kesehatan

Posted by Unknown 03.18, under ,, | No comments



Bibit Binahong



By Agus Kusuma.

Bersyukurlah kita terlahir di bumi Indonesia. Kawasan Asia Tenggara (salah satunya adalah negara kita) adalah kawasan yang kaya akan tanaman berkhasiat obat. Sejak beribu-ribu tahun lalu nenek moyang kita telah menggunakan tumbuhan dan bahan alam lain (yang kini kita kenal dengan herbal) sebagai obat, kosmetik, serta mempertahankan tingkat kesehatan. Dari sejumlah catatan penelitian diketahui bahwa fitoterapi atau terapi menggunakan tumbuhan telah dikenal masyarakat sejak masa sebelum masehi (SM). Sampai saat ini penggunaan tumbuhan atau bahan alam sebagai obat tersebut dikenal dengan sebutan obat tradisional.



Fungsi tanaman herbal memang sempat tergantikan oleh berbagai jenis obat kimia sintetis yang hampir memiliki khasiat sama, bahkan lebih baik. Akan tetapi, seperti kita tahu sisi negatif (baca: efek samping) bahan-bahan kimi tersebut tidaklah sedikit. Oleh karena itu sejumlah ahli mulai kembali memberdayakan konsep pengobatan yang mengacu kepada bahan-bahan alami tumbuhan (Back to Nature).

Kali ini kita akan membahas sedikit salah satu tanamam yang mempunyai khasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit, yaitu tumbuhan Binahong.

Binahong, yang memiliki nama latin Bassela rubra linn,dan di Inggris dikenal dengan nama Heartleaf maderavine madevine, sebenarnya adalah tanaman obat yang berasal dari daratan Tiongkok yang dikenal dengan nama asli Dheng San Chi. Tumbuhan ini telah dikenal memiliki kasiat penyembuhan yang luar biasa dan telah ribuan tahun dikonsumsi oleh bangsa Tiongkok, Korea, Taiwan dll. Di kawasan Asia Tenggara, tumbuhan ini merupakan konsumsi wajib penduduk Vietnam ketika melawan invansi Amerika.

Tumbuhan Binahong

Secara turun-temurun, tanaman Binahong dipercaya memiliki beragam khasiat pengobatan mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat, di antaranya merupakan penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme. Namun, hingga kini belum ada penelitian khusus yang menunjukkan kebenaran khasiat tanaman tersebut, baik dengan uji pra klinis maupun klinis.
Seluruh bagian tanaman yang merambat ini berkasiat, mulai dari akar, batang dan daunnya.

Pada zaman dahulu pemanfaatan tumbuhan Binahong dengan cara direbus atau dapat langsung dikonsumsi mentah. Namun saat ini Anda tidak perlu khawatir karena sudah banyak pihak yang mencoba mengoptimalisasikan tanaman tersebut menjadi obat herbal yang aman untuk dikonsumsi secara continue.

Berdasarkan testimoni dan data empiris yang dihimpun dari masyarakat, Binahong dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, antara lain:

    batuk atau muntah darah,
    penyakit paru-paru,
    diabetes melitus,
    radang ginjal,
    ambeien,
    disentri,
    gusi berdarah,
    luka setelah operasi atau melahirkan,
    jerawat,
    luka akibat kecelakaan,
    luka bakar,
    meningkatkan vitalitas pria,

    menjaga stamina,
    menurunkan kolesterol, dan lain-lain.


Referensi Gambar klik di sini, atau di sini.
Artikel dari berbagai sumber.

0 komentar:

Posting Komentar

Klik gambar di bawah ini untuk mengisi BUKU TAMU

Guestbook

Suka Musik?

Tags

Geraiku

Powered by Marketnesia.com

Klik Logo Untuk Pesan Produk

Sekadar Kata sapa

Blog ini semata-mata adalah rekam jejak dari setiap hal yang kudapatkan dan kupandang berharga. Semoga layak kubagikan untuk Anda.